Thursday, July 31, 2008

B. Deskripsi dan Tujuan

NOVAK : EG 4227
Mata Kuliah : MANAJEMEN STRATEGIK
Beban Kredit : 3 (tiga) SKS
Prasyarat :

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Produksi dan Operasional

DESKRIPSI PERKULIAHAN:

Perkuliahan ini mengupas Manajemen Strategi sebagai suatu konsep yang implementatif dari formulasi sampai pada pelaksanaan beserta evaluasinya. Oleh karenanya, perkuliahan ini sarat dengan kasus-kasus kontemporer sehingga tidak “mandul” pada kerangka-kerangka konseptual semata.
Peserta perkuliahan ini akan mempelajari tahapan-tahapan Manajemen Strategi dari formulasi, implementasi, sampai evaluasi. Akan terjadi penonjolan pada aspek kuantitatif di samping kualitatif dalam proses tersebut agar lebih mudah diukur keberhasilannya. Secara umum, dalam ketiga tahapan tersebut akan dikaji analisis lingkungan, analisis industri, dan analisis perusahaan di mana fungsi-fungsi dalam manajemen perusahaan akan dikupas satu per satu.
Kombinasi pendekatan konseptual dan kasus diharapkan sanggup memberikan kesempatan yang cukup pada mahasiswa untuk mengembangkan ketrampilannya.


KOMPETENSI YANG AKAN DICAPAI:
Kompetensi (akademik) yang hendak dicapai melalui perkuliahan ini adalah:
1. Penguasaan konsep dan proses aktual manajemen strategi.
2. Kemampuan melakukan formulasi strategi.
3. Kemampuan berpikir komprehensif dalam memformulasikan suatu kebijakan perusahaan.
4. Kemampuan memahami persoalan-persoalan yang muncul dalam implementasi manajemen strategi.
5. Kemampuan mengevaluasi pelaksanaan suatu strategi perusahaan.
6. Kemampuan berpikir sistemik dalam memformulasikan dan mengelola strategi perusahaan.


MATERI POKOK
Materi-materi pokok yang disajikan dalam perkuliahan ini adalah:
1. Konsep-konsep manajemen strategi beserta mazhab-mazhab di balik masing-masing konsep.
2. Formulasi strategi.
3. Implementasi, monitoring dan evaluasi strategi.
4. Supply Chain dan Value Chain
5. Systems Thinking
6. Balanced Scorecard


TUJUAN
Perkuliahan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar:
1. Mengenal dan menguasai konsep dan proses aktual manajemen strategi.
2. Memiliki kesempatan berlatih melakukan formulasi strategi melalui studi kasus kontemporer.
3. Memiliki kesempatan berlatih untuk memahami persoalan-persoalan yang muncul dalam implementasi suatu strategi melalui studi kasus yang kontemporer.
4. Memiliki kesempatan berlatih untuk mengevaluasi pelaksanaan suatu strategi perusahaan melalui studi kasus yang kontemporer.
5. Memiliki kesempatan berpikir komprehensif dalam memformulasikan suatu kebijakan perusahaan, terutama integrasi antarfungsi di dalamnya.

No comments: